@thesis{thesis, author={Swaraswati Yogi}, title ={PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY AKADEMIK DAN TRAIT KEPRIBADIAN THE BIG FIVE}, year={2016}, url={http://repository.unika.ac.id/10018/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara self-efficacy akademik dan trait kepribadian The Big Five (Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism dan Openness) dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Sejumlah 150 mahasiswa S1 Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, yang terdiri dari 76 mahasiswa tahun kedua dan 74 mahasiswa tahun ketiga berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy akademik dan trait kepribadian The Big Five memprediksi prokrastinasi akademik secara signifikan (R=0,821; F=49,434; p<0,01). Analisis korelasi mengungkap bahwa self-efficacy akademik, trait kepribadian Extraversion, Conscientiousness dan Neuroticism menjadi prediktor dari tendensi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Trait kepribadian Neuroticism dan Extraversion mempunyai hubungan positif yang signifikan, sedangkan trait kepribadian Conscientiousness dan selfefficacy akademik memperlihatkan hubungan negatif yang signifikan. Selanjutnya, hipotesis mengenai hubungan antara trait kepribadian lain (Agreeableness dan Openness) dengan prokrastinasi akademik ditolak. Trait kepribadian Agreeableness ditemukan memiliki hubungan yang positif (rx3y=0,173; p=035<0,05), sementara itu, tidak ditemukan hubungan antara Openness dengan prokrastinasi akademik. Implikasi dari selfefficacy akademik dan trait kepribadian The Big Five dalam memprediksi prokrastinasi akademik pada mahasiswa didiskusikan.} }