@thesis{thesis, author={Andreas Vikky}, title ={Persepsi Konsumen Terhadap Harga Psikologis (Studi Kasus Pada Minimarket Indomaret Karangrejo I Semarang)}, year={2008}, url={http://repository.unika.ac.id/10485/}, abstract={Berkembang pesatnya indutri retail memacu para retail untuk bersaing dalam penentuan harga. Dalam hal ini PT. Indomaro Prismatama sangat jeli dalam persaingan harga seperti yang diterapkan pada Indomaret Karangrejo I Semarang. Harga psikologis digunakan hampir pada seluruh produk yang ada di Indomaret Karangrejo I. Ada dua variabel dari harga psikologis yaitu potensial efek dan image effects. Dalam hal ini peneliti meneliti tentang bagaimana persepsi konsumen terhadap harga psikologis dilihat dari dua variabel diatas. Lokasi penelitian ini berada pada minimarket Indomaret Karangrejo I Semarang, dengan populasinya adalah konsumen yang pernah berbelanja di Indomaret Karangrejo I Semarang. Metode sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Pengambilan sampel dengan cara menyebar kuesioner pada minimarket Indomaret Karangrejo I Semarang. Pada penelitian ini jumlah sampel ditetapkan 30 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala Likert. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Tabulasi Frekuensi dan Tabulasi Silang (Crosstabs). Dari hasil pengolahan data dan analisis data dapat diperoleh bahwa harga psikologis jika dilihat dari jenis kelamin perempuan, responden dengan pendidikan terakhir SMP, frekuensi kunjugan dan status responden menikah cenderung lebih setuju pada harga psikologis di Indomaret Karangrejo I Semarang. Saran yang diperoleh Indomaret Karangrejo I Semarang dapat mempertahankan strategi harga psikologis dan diperbanyak promosi yang menggunakan harga psikologis. Kata Kunci : harga psikologis} }