@thesis{thesis, author={Angelina Elisa}, title ={ANALISIS STRATEGI BISNIS FLORIAN ICE CREAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE BLUE OCEAN STRATEGY}, year={2017}, url={http://repository.unika.ac.id/15759/}, abstract={Bisnis makanan di Semarang saat ini sedang berkembang yang ditandai dengan banyaknya resto dan kafe baru yang berdiri. Salah satu jenis bisnis makanan yang sedang booming adalah dessert and ice cream. Persaingan yang saat ini semakin ketat membuat Es Krim Florian yang bercita rasa klasik harus bertahan dari para pesaing langsungnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis perumusan Blue Ocean Strategy yang dapat diterapkan pada Es Krim Florian. Teknik analisis yang akan digunakan adalah metode Blue Ocean Strategy. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang pemilik Es Krim Florian, 15 orang karyawan dan jumlah konsumen tidak diketahui secara pasti. Sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu pemilihan sampel berjumlah 15 orang yaitu 1 orang pemilik Es Krim Florian, 2 orang karyawan yang telah bekerja lebih dari 5 tahun yaitu 1 orang karyawan bagian waiter dan 1 orang karyawan bagian kitchen dan 10 orang konsumen yang sudah melakukan pembelian es krim Florian minimal tiga kali. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dirumuskan kesimpulan perumusan Blue Ocean Strategy pada Toko Es Krim Florian adalah dengan membuka salon potong rambut anak dan fasilitas bermain anak yang akan ditempatkan di lantai 2 dan 3 Es Krim Florian. Salon potong rambut anak dipilih sebagai salah satu strategi karena melihat peluang saat ini masih belum banyak salon di Semarang yang memberikan pelayanan khusus bagi anak. Sedangkan fasilitas bermain anak dipilih sebagai strategi karena saat ini dengan meningkatnya kebutuhan banyak keluarga muda yang memiliki anak dengan suami dan istri bekerja sehingga memiliki kesulitan dalam hal melakukan pengawasan sehari-hari.} }