@thesis{thesis, author={Parung Pius}, title ={Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Budi Mulia Pakisaji}, year={2019}, url={http://repository.unikama.ac.id/4949/}, abstract={Pembelajaran matematika memiliki peranan penting sebagai salah satu kegiatan dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang menjadi pendukung bagi kemajuan dan kesejahteraan individu dan suatu bangsa. Model pembelajaran ooperatif tipe STAD merupakan pendekatan cooperative learning yang menenkankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling membantu dalam mencapai prestasi yang maksimal. Disamping itu, siswa dimungkinkan untuk mengungkapkan ide atau pendapatnya dalam diskusi kelompok sehingga akan terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga suasana belajar akan lebih bermakna. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas pemukaan dan volume limas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Budi Mulia Pakisaji tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah peningkatan nilai tes pada siklus I, dan Siklus II, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II. Nilai tes pada siklus I yang didapat siswa dalam persen adalah 70,96% sedangkan pada siklus II adalah 90,32%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria keberhasilan 72,5%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 65%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan kriteria keberhasilan guru 90% dan keberhasilan siswa 85%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Mulia Pakisaji. Dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) menyajikan materi, (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar, (4) membimbing siswa dalam menyelesaikan LKPD, (5) evaluasi, (6) memberikan penghargaan. Khusus bagi peneliti yang akan melaksanakan penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) selanjutnya agar memperhatikan alokasi waktu dengan baik, menyiapkan observer yang cukup dan teliti. Bagi guru atau peneliti supaya dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD harus memperhatikan alokasi waktu dengan baik agar pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara efektif.} }