@thesis{thesis, author={Widodon Geronsiyono}, title ={Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence untuk Meningkatkan Keaaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas X IPS C SMA Negeri 1 Singosari}, year={2018}, url={http://repository.unikama.ac.id/4974/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Geografi dikelas X IPS C SMA Negeri 1 Singosari. Rendahnya keaktifan terlihat dari: (1) terdapat beberapa siswa yang tidak turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya, (2) terdapat beberapa siswa yang tidak terlibat dalam pemecahan masalah yang diberikan oleh guru, (3) siswa jarang mengajukan pertanyaan mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti, baik kepada guru, maupun temannya. (4) siswa kurang berusaha mencari informasi untuk memecahkan masalah atau soal yang diberikan guru, (5) dalam melaksanakan diskusi, terdapat siswa yang tidak aktif, (6) masih banyak siswa yang tidak mengerjakan soal atau tugas yang diberikan guru, (7) siswa kurang menggunakan/menerapkan apa yang diperolehnya dalam menyelesaikan tugas/persoalan yang dikerjakanya. Rendahnya hasil belajar siswa terbukti dari hasil ulangan harian yang telah dilaksanakan, hanya terdapat 18 siswa dari 36 siswa yang mencapai nilai KKM, dengan KKM yang ditetapkan yaitu 80. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas X IPS C SMA Negeri 1 Singosari dengan menggunakan model pembelajaran Complete Sentence. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggard. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singosari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 36 siswa yaitu 16 laki-laki dan 20 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi keaktifan, lembar keterlaksanaan pembelajaran, catatan temuan lapangan dan lembar kereja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, menunjukan bahwa pada siklus I, keaktifan siswa yang mencapai kategori sangat baik adalah 4 orang dan siklus II yang mendapatkan kategori sangat baik adalah 28 orang siswa. selisih antara siklus I dan siklus II yaitu 24. Jadi, ada peningkatan antara siklus I dan siklus II, begitu pula dengan hasil belajar, dimana pada siklus I terdapat 23 siswa yang memenuhi kategori nilai sangat baik dan pada siklus II terdapat 28 siswa yang memenuhi kategori nilai sangat baik. Jadi, terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan Model Pembelajaran Complete Sentence.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas X IPS C SMA Negeri 1 Singosari} }