@thesis{thesis, author={Abi Maria Gradiana}, title ={Pengembangan Modul Geografi SMA Kelas XI pada materi fertilitas menggunakan model Borg and Gall melalui Strategi Lesson Study.}, year={2019}, url={http://repository.unikama.ac.id/5182/}, abstract={Pengembangan bahan ajar merupakan sebuah alat untuk mengakses, memanipulasi dan menggunakan data atau informasi yang efektif dan efisien. Kegunaan modul pembelajaran ini menjadi pedoman untuk proses pembelajaran. Tujuan dari pengembangan bahan ajar ini untuk merevisi materi yang ada didalam buku. Dalam penelitian di SMA Petra Malang Kelas XI peneliti menemukan kurangnya motivasi belajar siswa sehingga beberapa siswa lebih pasif dalam mengikuti pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran geografi yang lebih bermakna, mendalam dan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Lesson Study. Metode penelitian ini menggunakan metode (mixed methodology). Dimana Mixed method ini menggunakan 2 cara pendekatan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil pengamatan, modul yang dikembangkan validdibuktikan dengan hasil nilai siswa dan tanggapan siswa melalui angket. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran pada materi Fertilitas dengan menggunakan model Borg and Gall yang dikembangkan peneliti dapat dikatakan valid dibuktikan dengan hasil tanggapan siswa melalui angket} }