@thesis{thesis, author={Wea Edmunda Paulina}, title ={Pengaruh Metode Diskusi, Metode Talking Stick Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP PGRI 6 Malang}, year={2018}, url={http://repository.unikama.ac.id/5233/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui pengaruh antara metode diskusi, metode talking stick, dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu di SMP PGRI 6 Malang 2) Untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu di SMP PGRI 6 Malang 3) Untuk mengetahui pengaruh metode talking stick terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu di SMP PGRI 6 Malang 4) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu di SMP PGRI 6 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 06 Malang. Jumlah populasi sebesar 110 siswa dan sampel yang digunakan adalah 50 siswa dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel metode diskusi, metode talking stick dan keterampilan mengajar guru sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar. Uji validitas dengan teknik Product moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. uji persyaratan analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan anallisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis kedua, ketiga dan keempat menggunakan Uji T, sedangkan untuk pengujian hipotesis pertama menggunakan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan: hasil penelitian diperoleh F hitung= 33,053 dengan probablitas 0,000 < 0,05. (1) Diperoleh nilai metode diskusi ( ) sebesar 2.145 pada tingkat probabilitas 0,037, maka ada pengaruh signifikan metode diskusi terhadap hasil belajar (Y). (2) Diperoleh metode talking stick ( ) sebesar 3.363 pada tingkat probabilitas 0,002 maka ada pengaruh signifikan metode talking stick terhadap hasil belajar (Y). (3) Diperoleh keterampilan mengajar guru ( ) sebesar 2.710 pada tingkat probabilitas 0,009 maka ada pengaruh signifikan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar (Y). Besarnya koefisien determinasi (R Square) diperoleh sebesar 0,683. Hal ini berarti variabel metode diskusi ( ), metode talking stick ( ), dan keterampilan mengajar guru ( ) memberikan kontribusi sebesar 68,3% terhadap perubahan hasil belajar.} }