@thesis{thesis, author={Muktar Rahmawaty}, title ={Pengembangan Modul Fisika Berbasis Pembelajaran Novick Pada Topik Termodinamika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas Xi}, year={2018}, url={http://repository.unikama.ac.id/5234/}, abstract={Kempuan berpikir kritis siswa terbilang cukup rendah, sedangkan guru beranggapan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa akan berkembang dengan sendiri setelah mengikuti pembelajaran. Modul yang digunakan siswa SMAN 6 Malang saat ini kurang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan modul fisika berbasis pembelajaran novick pada topik termodinamika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA, mengetahui bagaimana kelayakannya serta respon siswa terhadap modul tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian yang digunakan model 4-D menurut Thiagrajan. Namun, dalam penelitian ini hanya mengambil tiga langkah awal saja, yaitu pendefenisian, perancangan dan pengembangan. Modul diuji kelayakan dan kesesuaian modul menggunakan angket validasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini, yaitu sebuah modul fisika berbasis pembelajaran novick pada topik termodinamika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas XI. Kelayakan modul fisika berbasis pembelajaran novick menurut ahli materi, ahli media dan guru fisika SMA untuk komponen isi, penyajian, kegrafikan dan bahasa memiliki kriteria baik dengan nilai masing-masing sebesar 3,08, 2,85, 3,12 dan 3,02. Respon siswa terhadap modul fisika berbasis pembelajaran novick pada uji coba terbatas memperoleh nilai sebesar 0,85 dan 0,81 pada komponen isi dan tampilan modul.} }