@thesis{thesis, author={Spriani Hilde Gardis}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Metode Scaffolding Terhadap emahaman Konsep Fisika SMP}, year={2019}, url={http://repository.unikama.ac.id/5311/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning melalui metode ScaffoldingI dengan model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning melalui metode Scaffolding dengan model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning melalui metode Scaffolding dengan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika yang dilakukan di SMP Negeri I Pakisaji pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control design group. populasi pada penelitian ini adalah seluruh ssiwa kelas VIII dan sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan 30 siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data motivasi belajar menggunakan lembar observasi dan tes tertulis untuk pemahaman konsep fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning melalui metode ScaffoldingI dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung > Ftabel (5,631 > 4,01) pada taraf signifikan 0,05; (2 ) adanya perbedaan pemahaman konsep fisika yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning melalui metode Scaffolding dengan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung > Ftabel (14,03 > 4,01) pada taraf signifikan 0,05; (3) adanya interaksi interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning melalui metode Scaffolding dengan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung > Ftabel (6,838 > 4,01) pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning melalui metode scaffolding memberikan dampak yang positif terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep fisika siswa yaitu motivasi dan pemahaman konsep fisika siswa lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model embelajaran konvensional.} }