@thesis{thesis, author={Boi Olivia Ina}, title ={Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Getaran Dan Gelombang}, year={2021}, url={http://repository.unikama.ac.id/5315/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kualitas penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA siswa kelas VIII, (2) apakah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian menggunakan model Lewin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Nahdlatul Ulama yang berjumlah 30 siswa. Data keterlaksanaan pembelajaran diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran sedangkan data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari tes . Hasil penelitian menunjukan bahwa,(1) Dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis observasi keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yakni 62,93% dan 81% terdapat peningkatan sebesar 18,07%. (2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning ditinjau dari segi aspek yaitu indikator-indikator berpikir kritis yakni siklus I 65% dan siklus II 77% dengan peningkatan sebesar 12%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA siswa.} }