@thesis{thesis, author={Lestari Septia Eka Cahya Arum}, title ={Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII-B SMP PGRI 6 Malang}, year={2018}, url={http://repository.unikama.ac.id/5333/}, abstract={Pembelajaran yang kurang bervariasi pada siswa kelas VII-B SMP PGRI 6 Malang, menyebabkan siswa bosan dalam pembelajaran, sehingga siswa cenderung menjadi pendengar saja. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, perlu digunakan metode pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII-B SMP PGRI 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP PGRI 6 Malang dan peneliti yang bertindak sebagai guru. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pembelajaran model TGT pada penelitian ini dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Guru menjelaskan materi pada siswa, (2) Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok heterogen, (3) Guru membagikan LKS dan siswa mendiskusikan bersama anggota kelompoknya, (4) Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, (5) Guru memberi penguatan dan motivasi kepada siswa, (6) Guru membagi siswa pada meja turnamen, (7) Guru membacakan aturan turnamen, (8) Siswa melakukan turnamen, (9) Guru bersama siswa menghitung skor turnamen dan memberikan penghargaan kepada 3 kelompok yang memperoleh skor tertinggi dan (10) Guru membantu siswa menyimpulkan materi yan telah dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan hasil belajar matematika meningkat dari 63,6% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 83,3% siswa yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,7%. Sehingga terbukti bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-B SMP PGRI 6 Malang.} }