@thesis{thesis, author={Sanjaya Roni}, title ={Penerapan Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII B SMP PGRI 6 Malang}, year={2018}, url={http://repository.unikama.ac.id/5339/}, abstract={Berdasarkan hasil pengamatan peneliti ketika melihat proses pembelajaran di SMP PGRI 6 Malang, guru matematika lebih menekankan pada pembelajaran konvesional dalam menyampaikan pelajaran. Hal itu dapat dilihat dari interaksi antara guru dan siswa masih kurang aktif. Siswa masih banyak mendengarkan ketika guru menerangkan materi tanpa memiliki sikap timbal balik yang positif, selain itu juga masih ada siswa yang tidur di dalam kelas saat guru menerangkan pelajaran. Oleh karena itu, perlu digunakan metode pembelajaran yang membuat siswa merasa nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran tersebut adalah pembelajaran Quiz Team. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran Quiz Team yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII B SMP PGRI 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP PGRI 6 Malang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata kelas sebesar 66,889 dan ketuntasan belajar adalah 56% atau sebanyak 15 siswa yang memperoleh nilai ? 75. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 75,59 dan ketuntasan belajar meningkat menjadi 77,7 % atau sebanyak 21 siswa yang mencapai nilai ? 75. Hal ini berarti telah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan temuan penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika melalui pembelajaran Quiz Team dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Disaran kepada guru bidang studi matematika untuk dapat menggunakan pembelajaran Quiz Team dalam proses belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.} }