@thesis{thesis, author={Yuliana Yuliana}, title ={Pengaruh Motivasi dan Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Nasional Malang}, year={2017}, url={http://repository.unikama.ac.id/5346/}, abstract={Orangtua adalah sekolah atau madrasah pertama bagi anak. Bahkan motivasi dan tingkat pendidikan orangtua di rumah dalam prestasi anak di sekolah memiliki peranan yang sangat penting. Hasil dari observasi peneliti dan wawancara dengan guru di SMP Nasional Malang juga menyimpulkan bahwa hampir 90% prestasi anak dapat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga (orangtua). Alasan inilah yang kemudian mendorong peneliti untuk melakukan peneltian dengan judul ?Pengaruh Motivasi dan Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Nasional Malang? dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari motivasi dan tingkat pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Nasional Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik proportionate stratified random sampling, karena populasi mempunyai anggota/unsur yang tidak homogeny dan berstrata secara proporsional. Data dikumpulkan dengan metode angket, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis linier berganda dengan uji prasyarat yaitu uji asumsi klasik; uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan koefisien determinasi, uji T dan uji F. Pengolahan data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan program SPSS for Windows Versi 22 yang diikuti uji coba kuesioner atau angket. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah ada pengaruh dari kedua varibel secara terpisah dan bersama-sama dengan variabel yang paling dominan mempengaruhi adalah tingkat pendidikan orangtua yaitu dengan nilai t sebesar 5,089.} }