@thesis{thesis, author={Hasanah Lailatul}, title ={Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman}, year={2018}, url={http://repository.unikama.ac.id/5371/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di MTs Al-Ihsan Turen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII-B MTs Al-Ihsan Turen dengan jumlah peserta didik 22 yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes tertulis, dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil tes , hasil wawancara, dan mengacu pada indikator kesalahan menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Newman diantaranya: indikator kesalahan membaca (reading errors), indikator kesalahan memahami masalah (comprehention errors), indikator kesalahan transformasi (transformation errors), indikator kesalahan keterampilan proses (process skills errors), dan indikator kesalahan penulisan jawaban (encoding errors). Jenis kesalahan yang sebagian besar terjadi pada nomor: 1) kesalahan memahami masalah (comprehention errors), 2) kesalahan transformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors), dan kesalahan penulisan jawaban (encoding errors), 3) kesalahan memahami masalah (comprehention errors), dan 4) kesalahan memahami masalah (comprehention errors). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik: 1) kategori kelompok atas adalah kesalahan transformasi (transformation errors) dan kesalahan keterampilan proses (process skills errors), 2) kategori kelompok sedang adalah kesalahan memahami masalah (comprehention errors), kesalahan transformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors), dan kesalahan penulisan jawaban (encoding errors), 3) kesalahan membaca masalah (reading errors), memahami masalah (comprehention errors), kesalahan transformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors), dan kesalahan penulisan jawaban (encoding errors). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan kesimpulan diatas, maka saran yang dapat peneliti kemukakan adalah sebagai berikut: kesalahan yang dilakukan peserta didik tidak hanya pada pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV), oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya yang ingin menganalisis menggunakan prosedur Newman dapat dilakukan pada materi Geometri atau Aritmatika Sosial.} }