@thesis{thesis, author={Nalvi Hilgardis}, title ={Penerapan Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Kelas Viii A Smp Pgri 01 Pakisaji Malang}, year={2018}, url={http://repository.unikama.ac.id/5469/}, abstract={Berdasarkan Hasil Observasi dan tes uraian yang diberikan guru ketika pembelajaran berlangsung dikelas VIII-A SMP PGRI 01 Pakisaji Malang, serta informasi yang diperoleh dari guru matapelajaran IPS dapat diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Keaktifan siswa masih kurang dari segi bertanya, tidak ikut serta dalam mencari informasi dan solusi ketika mengerjakan tugas kelompok. Melihat kondisi tersebut, maka perlu dilakukan tindakan pada siklus II dengan tujuan memperbaiki kesalahan pada siklus I. Model pembelajaran ini dilandasi oleh beberapa tahapan dalam proses pembelajaran diantaranya, perencanaan, tindakan, pengamatan, observasi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 01 Pakisaji Malang dengan subjek penelitian kelas VIII-A yang berjumlah 22 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan catatan temuan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentasi keaktifan belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 73,6% kategori aktif. Sedangkan pada siklus II keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 85,98% kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Saran kepada guru SMP PGRI 01 Pakisaji Malang supaya menerapkan Model Pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.} }