@thesis{thesis, author={Zulfa Mahniyatuz}, title ={Pengembangan Media Corong Berhitung Pada Materi KPK Dan FPB Siswa Kelas IV Di SD Negeri Penarukan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang}, year={2018}, url={http://repository.unikama.ac.id/5498/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi KPK dan FPB siswa kelas IV SD Negeri Penarukan Kecamatan Kepanjen karena belum optimalnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan, mengetahui kevalidan dan mengetahui kepraktisan media corong berhitung pada materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R & D). Dalam penelitian ini menggunakan lima tahapan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba. Instrument pengumpulan data berupa observasi dan kuesioner. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk dan saran merevisi produk, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan hasil validasi ahli media yang memperoleh persentase total sebesar 92% dengan kategori sangat valid, berdasarkan hasil validasi ahli pembelajaran media yang memperoleh persentase total sebesar 83% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil uji coba terbatas siswa kelas IV SD secara keseluruhan memperoleh presentase sebesar 83% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, media corong berhitung ini layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika materi KPK dan FPB siswa kelas IV SD. Berdasarkan kevalidan dan kepraktisan media corong berhitung, diharapkan siswa dalam memahami materi KPK dan FPB dengan mudah serta guru bisa menjadi fasilitator bagi siswa.} }