@thesis{thesis, author={Oury Merliana Novita Ina}, title ={KETERBACAAN TEKS BSE BAHASA INDONESIA KELAS VII OLEH SISWA SMP KRISTEN KEFAMENANU}, year={2021}, url={http://repository.unimor.ac.id/196/}, abstract={Suatu teks dapat dikatakan memiliki keterbacaan yang baik (tinggi), apabila kalimat-kalimat dalam teks tersebut mudah dipahami oleh pembaca dan paragraf dalam teks tersebut memiliki kesatuan, kelengkapan, serta isi yang memadai, sehingga dapat berpengaruh positif terhadap tujuan pembelajaran itu sendiri.Salah satu cara mengukur keterbacaan teks yakni menggunakan teknik cloze. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks pada buku BSE Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VII SMP menggunakan tes cloze. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil atau skor yang diperoleh dari tes Cloze terhadap lima puluh siswa kelas VII di SMP Kristen Kefamenanu tahun ajaran 2020/2021. Terdapat tiga teks yang dijadikan sebagai sumber penelitian dan diujikan kepada 50 siswa. Hasilnya, dapat diketahui bahwa tingkat keterbacaan teks pada siswa kelas VII di SMP Kristen Kefamenanu termasuk dalam kategori frustasi. Hal tersebut terlihat pada tes cloze dengan judul teks Hutan Bakau (7a125) yakni skor siswa menunjukkan dua kategori keterbacaan yang berbeda. Sebanyak 5 siswa memperoleh kategori intruksional dan 45 siswa memperoleh kategori frustasi. Adapun untuk teks yang berjudul Museum, terdapat 2 siswa yang memperoleh kategori independen dan 48 siswa memperoleh kategori frustasi. Sementara itu, pada teks yang berjudul manggis, terdapat 1 siswa masuk ke dalam kategori independen, 1 siswa masuk kategori intruksional, dan 48 siswa masuk kategori frustasi.} }