@thesis{thesis, author={Muhammad Fahrudin 165000070}, title ={PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI KAREIR DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS IXD DI SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1012/}, abstract={Fahrudin, Muhammad. 2020. Penarapan Permainan Monopoli Karier Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Perencanaan Karier Siswa kelas IX d sekolah SMP muhammadiyah 2 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dr. Tamsil Muis., M.Pd. Kata Kunci: perencanaan karier siswa, permainan monopoli karier bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Penarapan Permainan Monopoli Karier Dalam bimbingan kelompok untuk perencanaan karier siswa kleas IX d sekolah SMP muhammadiyah 2 Surabaya Penarapan Permainan Monopoli Karier Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Perencanaan Karier Siswa kleas IX d sekolah SMP muhammadiyah 2 Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one grup pre-test post-test design, diberikan kepada 4 orang siswa kelas IX D yang mendapat skor perencanaan karier siswa rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah skala pengukuran perencanaan karier siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah analisis non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil interpretasi menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,066. Karena nilai 0,066 lebih besar dari > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditelok. Tidak adanya peningkatan signifikan dalam Penarapan Permainan Monopoli Karier Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Perencanaan Karier Siswa kleas IX d sekolah SMP muhammadiyah 2 Surabaya.} }