@thesis{thesis, author={Dhea Oktavia Rigma Wardani 175000006}, title ={MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VIII-I SMPN 1 TAMAN SIDOARJO TAHUN AJARAN 2020-2021}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1013/}, abstract={Oktavia, Dhea. 2020. Motivasi Belajar siswa Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas VIII-i SMPN 1 TAMAN Sidoarjo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Program studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing :Tamsil Muis, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Peran guru bimbingan dan konseling, Motivasi Belajar. Seringkali kita temukan berbagai permasalah di dunia pendidikan. Berbagai masalah tersebut yang nantinya akan menghambat tercapainya tujuan pendidikan. Adapun berbagai permasalahan yang sering terjadi di sekolah seperti Pembelajaran Daring Di era pandemi seperti ini yang tidak memungkin kan belajar secara langsung atau luring. Permasalahan ini memang tidak dapat dihindari walaupun dengan menggunakan strategi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam pembelajaran siswa secara Daring dan pengawasan terhadap orangtua saat anak nya melakukan pembelajaran secara daring dari rumah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populaasi dalam penelitian ini terdiri dari 64 subjek. Sedangkan sampel penelitian terdiri dari 4 guru bimbingan dan konseling dan 30 siswa dan 30 Orangtua Siswa. metode penilitan ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode penelitian menggunakan angket dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana untuk mengetahui adanya hubungan antara kedua variabel berdasarkan nilai r (koefisien korelasi). Hasil penelitian yang diperoleh adalah peran guru bimbingan dan konseling terbukti telah mampu mengurangi Motivasi belajar siswa kelas VIII-i di SMPN 1 Taman Sidoarjo, dengan perolehan uji korelasi sederhana 0,980. Adapun peran guru bimbingan dan konseling dalam Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Taman Sidoarjo yaitu guru bimbingan dan konseling selaku wali kelas VIII-i dan Orangtua untuk mengetahui apa penyebab gendala-gendala siswa saat melakukan pembelajaran secara Daring tersebut, kemudian guru bimbingan dan konseling memberikan arahan atau pengetahuan dan wawasan kepada siswa tentang manfaat pembelajaran secara Daring.} }