@thesis{thesis, author={Jelita Makrina Fausti}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI LATIHAN ASERTIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 21 SURABAYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1017/}, abstract={Fausti Jelita, Makrina. 2019. Penggaruh penggunaan strategi latihan asertif dalam konseling kelompok terhadap interaksi soial siswa kelas VIII G DI SMPN 21 SURABAYA. Skripsi program studi bimbingan dan konseling. Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Pembimbing Kusbandiami, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: latihan asertif, konseling kelompok, interaksi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan startegi latihan asertif dalam konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII G SMPN 21 SURABAYA. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif untuk mengetahui pengaruh penggunaan startegi latihan asertif dalam konseling kelompok terhadap interaksi. Untuk mengetahui haltersebut maka digunakan analisis statistik non parametrik dengan teknik uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.0 jumlah populasi penelitian ini adalah 34 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 5 orang siswa. Hasil perhitungan analisis Wilcoxon Signed statistics Test yaitu hasil 0,042 ? = 0,05 hal ini berarti yang artinya signifikansi karena negatif ranks merupakan selisih nilai dimana jumlah sampel post test lebih tinggi dari pada nilai pre-test. Berdasarkan bukti empiris tersebut maka diterima dan ditolak. Dengan demikian terdapat peningkatan yang signifikan terhadap penggunaan strategi latihan asertif dalam konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII G SMPN 21 Surabaya. Dari hasil analisis diatas dapat diketahui bahwa strategi latihan asertif dalam konseling kelompok dapat meningkatakan interaksi sosial siswa.} }