@thesis{thesis, author={AFANDI ROBY}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SELFMANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VII SMPN 2 GEDANGAN-SIDOARJO}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1020/}, abstract={Afandi, Roby. 2017. Pengaruh Penggunaan Strategi Self-Management dalam Konseling Kelompok terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas VII SMPN 2 Gedangan Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Boy Soedarmadji, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : strategi self-management, konseling kelompok, perilaku membolos. Perilaku membolos siswa adalah suatu perilaku dimana siswa tidak mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas tanpa keterangan, melarikan diri dari aktifitas sekolah disebabkan kurangnya pengendalian tingkah laku. Ada beberapa indikator siswa membolos antara lain yaitu : Tidak masuk sekolah tanpa izin, Sering keluar pada jam pelajaran tertentu, Tidak masuk kelas lagi setelah jam istirahat , Berhari-hari tidak masuk sekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan stategi self-management dalam konseling kelompok untuk mengurangi perilaku membolos siswa kelas VII SMPN 2 Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianpre-test and post-test desaign. Subjek penelitian ini berjumlah 113 siswa yang ditentukkan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah absensi siswa selama 2 minggu. Validitas instrumen dilakukan menggunakan validitas item dengan uji coba terhadap 38 siswa. menghasilkan item valid yaitu 8 vii butir soal, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,624. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SPSS for Windows versi 16,0 dengan analisis data statistika non parametrik yang menggunakan teknik uji Wilcoxon. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan program aplikasi SPSS for Window versi 16.0 dengan teknik analisis statistik yang digunakan adalah uji wilcoxon signed rank test untuk melihat perbedaan kelompok pretest dan kelompok posttest dengan terlebih dahulu menghitung perbedaan nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategiself-management dalamkonseling kelompok terhadap perilaku membolos siswa kelas VII SMPN 2 Gedangan} }