@thesis{thesis, author={Maulana Dwi Agus}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 SURABAYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1021/}, abstract={Maulana, Dwi Agus. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya Materi SPLDV. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Pembimbing Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd. dan Sari Cahyaningtias, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat dan hasil belajar matematika karena model pembelajaran yang dipakai di SMP PGRI 1 Surabaya yaitu model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran snowball throwing terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya yang berjumlah 5 kelas. Sampel dari penelitian ini terdiri dari kelas yang diambil secara sampel random sampling yaitu kelas VIII-A sebegai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa dilakukan dengan pemberian angket dan soal post-test, sehingga diperoleh rata-rata angket 75,857, soal post-test 73,857 kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol rata-rata angket 65,8 dan soal post-tes 62,6. Dalam uji normalitas diperoleh Chi kuadrat angket kelas eksperimen 2 hitung 2 tabel = 6,168 11,0705 dan Chi kuadrat post-test 2 hitung 2 tabel = 8,438 11,0705 sedangkan Chi kuadrat angket kelas kontrol 2 hitung 2 tabel = 2,412 11,0705 dan Chi kuadrat post-test 2 hitung 2 tabel = 8,519 11,0705. Uji homogenitas angket diperoleh Fhitung Ftabel atau 1,697 1,772 dan post test diperoleh Fhitung Ftabel atau 1,498 1,772. Setelah dilakukan uji t didapatkan minat belajar thitung > ttabel yaitu 2,198 vi 1,9977 dan hasil belajar thitung > ttabel yaitu 3,649 1,9977, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembeljaran snowball throwing terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya.} }