@thesis{thesis, author={Sa’adah Samilatus}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LOGARITMA SISWA KELAS X IPA MAN SIDOARJO}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1024/}, abstract={Sa?adah, Samilatus. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Persamaan Logaritma Siswa Kelas X-IPA Di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Dosen Pembimbing I : Hanim Faizah, S.Si.,M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar. Keberhasilan suatu pembelajaran dapat diukur dari kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Berkenaan dengan hal ini peneliti ingin meneliti hasil belajara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning. Model Pembelajaran Discovery Learning merupakan pembelajaran yang menitik beratkan pada proses pemecahan masalah, sehingga siswa harus lebih aktif agar dapat menentukan konsep sendiri. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika materi persamaan logaritma siswa kelas X-IPA Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Keseluruhan sampel berjumlah 66 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data hasil post tes diperoleh t-hitung (5,952) > t-tabel (1,997). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa, pada saat proses pembelajaran siswa melaksanakan tugas yang di berikan dengan tertib. Mereka bekerja sama dengan baik dan siswa juga aktif dalam bertanya.} }