@thesis{thesis, author={Sugiarti Wahyu Putri}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI-IPA MAN SIDOARJO}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1027/}, abstract={Sugiarti, Wahyu Putri. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA MAN Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Drs. Prayogo, M.Kom. Kata Kunci : TGT, pengaruh, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA MAN Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan bentuk penelitiannya adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Sidoarjo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dengan memberikan pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk pengambilan data divalidasi terlebih dahulu oleh guru pamong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA MAN Sidoarjo. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan statistik dari rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 85,541 dan rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 89,166 diperoleh thitung sebesar 4,801 dan ttabel (?=5% dan dk = 70) sebesar 1,994437 yang berarti thitung (4,801) > ttabel (1,994437), dengan demikian maka H0 diterima. Hal ini berarti pembelajaran dengan model kooperatif tipe TGT memberi pengaruh yang besar terhadap tingginya hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Sidoarjo.} }