@thesis{thesis, author={Kurniawati Rizka Dwi}, title ={Mengembangkan Kemampuan Kognitif Menjumlahkan dengan Permainan Gerbong Angka Pada Kelompok A PAUD KIA-KIRA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/103/}, abstract={Kurniawati, Rizka Dwi. 2019. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Menjumlahkan dengan Permainan Gerbong Angka pada Kelompok A PAUD KIA-KIRA Sedati. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan kognitif, permainan gerbong angka Permainan gerbong angka yang merupakan kegiatan pembelajaran matematika sederhana yang mudah untuk dimainkan dan dapat memecahkan atau menemukan hasil penjumlahan dari soal yang telah disediakan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil perkembangan kognitif dalam menjumlah pada kelompok A PAUD KIA-KIRA Sedati Sidoarjo. Teknik analisa data menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data; penyajian data; dan simpulan atau verifikasi. Kemudian dilakukan triagulasi dan keabsahan. Kelompok yang diteliti yaitu, Kelompok A (usia 4-5 tahun) yang berjumlah 14 peserta didik (8 anak perempuan dan 6 anak laki-laki). Data dikumpulkan dari hasil lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif kelompok A PAUD KIA-KIRA dalam menjumlahkan dengan permainan gerbong angka pada tahap berkembangan sesuai harapan (BSH) akan tetapi pada indikator lambang bilangan pada tahap mulai berkembang (MB). Faktor yang mendukung pelaksanaan kegiatan bermain gerbong angka, yaitu peserta didik yang antusias untuk bermain walaupun ada beberapa yang belum mengenal bilangan dan dukungan wali kelas yang selalu membantu sedangkan faktor yang menghambat adalah kemampuan kognitif menegnal lambang bilangan peserta didik masih kurang, karena media di sekolah kurang memadai serta kurangnya kretivitas pendidik membuat APE.} }