@thesis{thesis, author={Setyawan Ibnu Abbas}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LERNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK MAMBAUL IHSAN GRESIK}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1033/}, abstract={Setyawan, Ibnu Abbas. 2019. ?Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Mambaul Ihsan Gresik?, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing Drs. Susilo Hadi, M.Pd. dan Rani Kurnia Putri, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena bahwa matematika menjadi pelajaran yang ditakuti oleh siswa karena dianggap sulit yang mengakibatkan prestasi matematikanya rendah. Padahal kesulitan yang dihadapi oleh siswa dikarenakan tidak mampunya siswa menerima dan memahami materi yang di ajarkan. Oleh karena itu guru mampu memposisikan diri dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan salah satunya yaitu metode pembelajaran Problem Based Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Mambaul Ihsan Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, (2) jenis penelitian yang digunakan adalah membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pretest dan postest(4) teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas,uji homogenitas dan uji-t. Setelah peneliti memperoleh data, selanjutnya peneliti menganalisis dengan menggunakan uji-t, dari hasil analisis dapat diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Mambaul Ihsan Gresik dengan nilai (thitung =10,24946 > ttabel=2,04841)dan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Mambaul Ihsan Gresik.} }