@thesis{thesis, author={NISA MALA FEMILYA KHOIRUN}, title ={PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 WRINGINANOM}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1037/}, abstract={Nisa, Mala Femilya Khoirun. 2019. Pengaruh Metode Mind mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Wringinanom. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Moh.Syukron Maftuh, S.Pd., M.Pd. dan Fenny Fitriani, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Mind mapping, SPLDV Penentuan metode pembelajaran perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Setiap metode pengajaran yang sering diterapkan hanya cenderung mengaktifkan salah satu otak siswa.Salah satu cara untuk mengaktifkan kedua sisi otak siswa yaitu dengan penggunaan metode Mind Mapping, karena metode mind mapping secara harfiah akan memetakan pikiran siswa. Jika kedua otak manusia diaktifkan secara bersamaan memungkinkan terjadinya keberhasilan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran mind mapping. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experiment design dengan design penelitianPretest Protest Control Group Design. Peneliti menggunakan teknik random sampling dalam pengambilan sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes objektif pilihan ganda.Dari hasil penelitian didapatkan nilai t hitung sebesar 0,415 ,dengan t tabel sebesar 2,000. Maka sesuai dasar pengambilan keputusan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dan tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa.} }