@thesis{thesis, author={Vina Maylan Sari 175500074}, title ={Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Siswa Kelas VII SMPN 1 Sukodono}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1048/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektif tidaknya pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 3) aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 4) respon siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 5) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPON 1 sukodono tahun ajaran 2020/2021. Sample diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII-D yang terdiri atas 33 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom efektif; 2) kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor akhir sebesar 3,8; 3) aktifitas siswa pada pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom termasuk dalam kategori sangat aktif dengan jumlah persentase aktifitas siswa yang relevan sebesar 92,71%; 4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom baik dan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentasi sebesar 76%; 5) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom berada pada kriteria sfektifitas sangat tinggi dengan presentase sebesar 79% dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 94% dan yang tidak tuntas sebesar 6%. Kata kunci : efektivitas, aplikasi google clasroom, pembelajaran matematika.} }