@thesis{thesis, author={Ayuretnany Ika Lucy}, title ={HUBUNGAN POLA ASUH PERMISIF TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN DRIYOREJO II}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/112/}, abstract={Ayuretnany, Ika Lucy. 2019. Hubungan Pola Asuh Permisif Terhadap Perilaku Prososial Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Driyorejo II. Program Studi S1 Pendidikan Guru Penidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing : Isabella Hasiana, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: Pola Asuh Permisif, Perilaku Prososial, Anak Usia Dini Perkembangan sosial anak merupakan salah satu aspek yang perlu dioptimalkan dalam hal ini perilaku prososial. Kurangnya perilaku prososial dalam kehidupan anak-anak masa sekarang ini seperti kurangnya rasa empati, kejujuran, rendahnya sikap tolong menolong, berbagi dan bekerja sama, suka menggangu dan menyakiti teman. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan prososial anak, salah satunya pola asuh orangtua. Pola asuh orangtua sangat menentukan perilaku prososial anak saat anak mulai tumbuh dan berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh permisif terhadap perilaku prososial anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Driyorejo II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), dan observasi. Adapun teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan perhitungan melalui SPSS v.16. Hasil penelitian menunjukkan korelasi Sig. (0,000) < 0,05 dengan angka korelasi sebesar -0,690, menunjukkan adanya korelasi yang kuat dan berlawanan arah. berarti adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh permisif terhadap perilaku prososial anak. Simpulan dan saran diberikan agar penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi orang tua agar menerapkan pola asuh yang dapat mengembangkan perilaku prososial anak sejak dini.} }