@thesis{thesis, author={AULIYAH IRNIDA AILUL}, title ={PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANGKA 1-20 PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN TERUNGKULON KRIAN}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1169/}, abstract={Auliyah, Irnida Ailul. 2021. Pengaruh Permainan Tradisional Dakon Terhadap Kemampuan Berhitung Angka 1-20 Pada Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Persatuan Terungkulon Krian. Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Isabella Hasiana, S.Psi., M.Psi Kata Kunci: Dakon, Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berhitung anak yang masih kurang karena pelaksanaan kegiatan pembelajaran di TK Dharma Wanita Persatuan Terungkulon Krian yang hanya berfokus pada kegiatan akademik dan mengabaikan kegiatan bermain sebagai suatu praktik pendidikan, sehingga anak menjadi bosan tatkala belajar sehingga menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam berhitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional dakon terhadap kemampuan berhitung angka 1-20 pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Terungkulon Krian . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreExperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subyek yang digunakan dalam penenelitian ini berjumlah 13 anak. Analisis data yang diterapkan pada penelitian ini adalah teknik uji beda hasil Pretest dan Posttest (Uji t). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan, dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan bahwa nilai Thitung berjumlah 17,91 nilai df adalah 12 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,78. Dapat dirangkum jika Ttabel lebih kecil daripada Thitung. Diketahui nilai Thitung> nilai Ttabel dengan nilai 17,91 > 1,78. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima , sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha terbukti dengan sangat signifikansi. Artinya Permainan tradisional dakon berpengaruh terhadap kemampuan berhitung angka 1-20 pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Terungkulon Krian.} }