@thesis{thesis, author={Ulum Luluk Nisbatul}, title ={ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERBASIS POLYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1187/}, abstract={Ulum, Luluk Nisbatul. 2019. Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Polya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing : Dr. Sunyoto Hadi P., S.T., M.Pd. Kata Kunci : keterampilan metakognitif, soal cerita, pemecahan masalah Polya Keterampilan metakognitif mempunyai peranan penting dalam memecahkan masalah. Keterampilan metakognitif adalah kemampuan seseorang dalam melaksanakan perencanaan, pemantauan, dan penilaian terhadap proses berpikirnya dalam setiap tahapan pemecahan masalah yang dilakukan. Keterampilan metakognitif dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah dan dapat mencegah terjadinya banyak kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode tes dan wawancara yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis Polya. Subjek pada penelitian ini terdiri dari tiga siswa dengan satu siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data dianalisis berdasarkan indikator keterampilan metakognitif yaitu perencanaan, pemantauan, dan penilaian dengan masing-masing keterampilan bisa muncul pada setiap tahapan pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan metakognitif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis Polya lebih detail daripada siswa berkemampuan sedang dan rendah.} }