@thesis{thesis, author={Zuhriyah Aisyah Farikha}, title ={PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI SPLDV KELAS X KECANTIKAN 3 DI SMK NEGERI 6 SURABAYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1197/}, abstract={Zuhriyah, Aisyah Farikha, 2019. Penerapan Pendekatan OpenEnded Pada Materi SPLDV Kelas X Kecantikan 3 Di SMK Negeri 6 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Hanim Faizah, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: pendekatan open-ended , hasil belajar, aktivitas peserta didik, respon peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik, aktivitas peserta didik selama penerapan pendekatan open-ended, dan respon peserta didik terhadap pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan open-ended. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Kecantikan 3 di SMK Negeri 6 Surabaya yang terdiri dari 30 peserta didik. Jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 25 siswa, sedangkan persentase peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa. Hasil persentase tuntas di kelas X Kecantikan 3 sebesar 83,3% maka dapat disimpulkan bahwa tuntas secara klasikal setelah diterapkannya pendekatan open-ended. Observasi aktivitas peserta didik dilakukan selama dua kali pertemuan dan mendapatkan persentase keseluruhan sebesar 81,6% yang masuk ke dalam kategori aktif karena melebihi 80%. Respon peserta didik dilihat dari angket yang diberikan pada akhir pembelajaran. Berdasarkan angket yang telah diisi oleh peserta didik setelah pembelajaran selesai didapatkan persentase keseluruhan respon sebesar 80% yang berarti respon peserta didik positif karena lebih dari 80%} }