@thesis{thesis, author={Badi Veronika Fiani}, title ={PENGARUH BERMAIN PUZZLE HURUF TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA HATI BUDURAN SIDOARJO}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1217/}, abstract={Veronika Fiani Badi, 2021. Pengaruh Bermain Puzzle Huruf Terhadap Perkembangan Bahasa anak Usia 5-6 Tahun di TK Permata Hati.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Aisyah,S.Psi.,M.Pd Kata Kunci: MediaPuzzle Huruf , Perkembangan Bahasa. Penelitian membahasa tentang perkembangan bahasa anak dengan menggunakan media puzzle huruf. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh bermain puzzle huruf terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh bermain puzzle huruf terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Permata Hati Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif one group pre-test dan post-test design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa TK B Permata Hati Buduran Sidoarjo yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah t-hitung Berdasarkan hasil analisis ditetapkan bahwa nilai uji thitung (13,91) lebih besar dari ttabel (1.697) dengan taraf signifikansi 0.05% dan 0.01%. karena nilai ttable lebih besar dari pada nilai thitung maka Hipotesis Nol (HO) diterima, sehingga Hipotesis Kerja (H1) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional boy-boyan tidak berpengaruh terhadap kemampuan gerak manipulatif anak.} }