@thesis{thesis, author={WAHYUNI DWI}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMKN 1 TRENGGALEK}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1227/}, abstract={Kata kunci : Aktivitas siswa, Hasil belajar siswa, Respon siswa, Problem Based Learning Pembelajaran matematika yaitu pembelajaran sekolah melalui aktivitas mental untuk memahami arti, hubungan, serta simbol yang diterapkan pada situasi kondisi yang nyata. Namun masih banyak siswa yang tidak menyukainya dan berfikir bahwa matematika pelajaran yang sulit. Beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak suka pelajaran matematika, yaitu guru yang masih menggunakan pembelajaran terpusat. Sehingga jarang adanya interaksi aktif antara siswa dengan guru. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran problem based learning untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa, hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning, serta respon siswa pada saat pembelajaran berlangsung dalam materi persamaan dan fungsi kuadrat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TPM 2 SMKN 1 Trenggalek. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan respon siswa dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning. Instrumen yang digunakan adalah observasi lembar kegiatan siswa, hasil tes pembelajaran siswa yang telah di validasi oleh validator, dan kuesioner respon siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil analisis dapat menunjukkan: 1) aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dikategorikan aktif, 2) hasil belajar siswa dinyatakan mencapai ketuntasan klasikal, 3) respon siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning termasuk kategori yang positif.} }