@thesis{thesis, author={Nafrida Nunung}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII-K SMP NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1245/}, abstract={Kata kunci: Model Reciprocal Teaching, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Respon Siswa. Dalam pembelajaran guru mempunyai peran menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih aktif. Namun, beberapa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian menggunakan model pembelajaranyang belum diterapkan, yaitu model pembelajaran Reciprocal Teaching. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pokok bahasan Bentuk Aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kuantitatif dengan desain penelitian one case study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-K SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan metode analisis data kuantitatif yang sudah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa yang aktif adalah 93,75%. Hasil tes belajar siswa dapat dilihat bahwa 29 siswa memperoleh skor di atas 75. Sehingga diperoleh persentase ketuntasan klasikalnya sebesar 85,29%, maka ketuntasan kelas tercapai. Hasil angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 73,53% sehingga berdasarkan acuan respon, maka respon siswa dapat dikatakan aktif. Berdasarkan uraian di atas penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pokok bahasan Bentuk Aljabar dikatakan efektif.} }