@thesis{thesis, author={Pritasari Erta}, title ={EFEKTIVITAS STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1247/}, abstract={Kata kunci: Efektivitas, pembelajaran matematika , Strategi Learning Start with a Question (LSQ). Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan pengalaman saat observasi di SMPN 1 Taman, banyak guru matematika yang belum menggunakan strategi pembelajaran, sehingga siswa pasif saat pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu peneliti menggunakan salah satu strategi pembelajaran aktif agar siswa ikut serta aktif dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi Learning Start with a Question (LSQ) dalam pembelajaran matematika materi persamaan garis lurus, di kelas VIII-E SMP Negeri 1 Taman, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, metode penelitian kualitatif dinamakan sebagai metode baru, karena popularitasnya belum lama, metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah (natural setting). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa VIII-E di SMPN 1 Taman. Untuk memperoleh data penelitian maka pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat keaktifan siswa sangat aktif, respon siswa positif dan hasil belajar siswa tuntas secara klasikal. Dari hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada pembelajaran matematika materi Persamaan Garis Lurus di kelas VIII-E SMP Negeri 1 Taman, Sidoarjo dapat dikatakan efektif.} }