@thesis{thesis, author={Damayanti S Dahlia}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SEDATI}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1254/}, abstract={Kata kunci: Hasil belajar, discovery learning,bentuk alabar Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Discovery Learning. Model Pembelajaran Discovery Learning ini mengutamakan kegiatan siswa menemukan sendiri konsep matematika, berdasarkan materi yang sedang dipelajari dan dapat melatih siswa dalam mengingat materi yang sudah dipelajari. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui ada perbedaan penerapan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pada materi bentuk aljabar kelas VII SMPN 1 Sedati tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penilitian kuantitatif dengan rancangan true eksperimental design yang berbentuk post-test only control design. Populasinya adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Sedati berjumlah 11 kelas. Dengan teknik simple random sampling, sampel penilitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol berjumlah 30 dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen berjumlah 30. Teknik analisis data penilitian ini menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning mendapatkan hasil , yaitu . Hal ini berarti diterima dan ditolak yang menyatakan a perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model konvensional pada materi bentuk aljabar kelas VII. Dapat disimpulkan ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar pada materi bentuk aljabar kelas VII SMPN 1 Sedati} }