@thesis{thesis, author={Zulfa Adistya Indana}, title ={PENGARUH METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 SURABAYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1318/}, abstract={Kata Kunci: Matematika, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika dan rendahnya prestasi matematika siswa. Dilihat dari segi metode pembelajaran yang diterapkan guru masih mengikuti metode yang umumnya masih konvensional. Sedangkan dalam pembelajaran matematika guru harus pandai menerapkan metode pembelajaran yang menarik, misalnya metode reward dan punishment. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengaruh metode reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 8 Surabaya yang berjumlah 13 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas yang diambil secara sample random sampling yaitu kelas X Ap 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TBs 3 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan dengan pemberian soal tes yaitu posttes, sehingga diperoleh rat-rata kelas eksperimen 81 sedangkan kelas kontrol 70. Dalam uji normalitas diperoleh Chi Kuadrat kelas eksperimen hitung< tabel = 10,591 < 11,071 dan kelas kontrol hitung< tabel = 1,007 < 11,071. Sedangkan uji homogenitas diperoleh uji varians < yaitu 1,324 < 1,823348654. Setelah dilakukan uji-t didapatkan hasil atau 3,99908786031662 > 1,99962, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya.} }