@thesis{thesis, author={Sawundari Patresia Lea}, title ={PENGARUH BDR KEGIATAN EKSPERIMEN TERAPUNG DAN TENGGELAM TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BHUDI DARMA HUTAMA}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1333/}, abstract={Lea, Patresia S. 2021. Pengaruh BDR Kegiatan Eksperimen Terapung Dan Tenggelam Terhadap Perkembangan Kognitif Sains Pada Anak Usia 5 -6 Tahun Di TK Bhudi Dharma Hutama. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Pembimbing (1) Made Ayu Anggreni, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (2) Ervin Nurul Affrida, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Eksperimen Terapung dan Tenggelam, Kognitif, Sains. Penelitian ini dilatar belakangi oleh eksperimen Sains yaitu pada perkembangan Sains anak usia 5 -6 tahun yang masih rendah. Rendahnya kemampuan anak dalam mengenal eksperimen terapung dan tenggelam ini disebabkan karena pembelajaran eksperimen ini masih menggunakan majalah/LKS, media pembelajaran eksperimen tenggelam dan terapung ini sudah di lakukan oleh gurunya hanya saja tidak melakukan percobaan secara langsung. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh eksperimen terapung dan tenggelam terhadap Perkembangan Kognitif Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhudi Darma Hutama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one group prete st-possttest design. Subjek penelitian anak kelompok B di TK Bhudi Darma Hutama dengan jumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar observasi serta dokumentasi. Menggunakan metode a nalisis statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Ttest yang sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh BDR (Belajar Dari Rumah) Eksperimen Terapung Dan Tenggelam Terhadap Perkembangan Kognitif Sains Anak Usia 5 -6 Tahun Di TK Bhudi Darma Hutama. Digunakan pre-test dan post -test one group design maka dengan uji t menggunakan aplikasi Excel. Berdasarkan hasil uji t yang menggunakan aplikasi excel menunjukkan bahwa penelitian t-hitung yang diperoleh yaitu (0,05). Sedangkan t -tabel yang diperoleh (0,0 1).dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t -hitung > t-tabel sehingga Ho > diterima dan Ha ditolak. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara eksperimen terapung dan tenggelam terhadap perkembangan kognitif sains anak usia 5 -6 tahun di TK Bhudi Darma Hutama.} }