@thesis{thesis, author={Wardhani Lyvia Kusuma}, title ={PERKEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA DINI DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1335/}, abstract={Lyvia Kusuma Wardhani, 2021 ?Perkembangan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Orangtua? Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing Aisyah, S.Psi, M.Pd Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, latar belakang pendidikan orang tua Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kecerdasan intrapersonal anak yang ditinjau dari latar belakang pendidikan orang tua.Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki oleh orang tua maka akan semakin memperluas dan melengkapi pola berpikirnya dalam mendidik anak. Akan tetapi faktanya masih terdapat 3 anak yang tercatat sebagai peserta didik kelompok B TK Bhudi Darma Hutama Surabaya yang masih memiliki kecerdasan intrapersonal yang belum berkembang, yakni rasa percaya diri, kemandirian yang masih belum berkembang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengn teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara serta dokumentasi. Penemuan subjek dilakukan dengan purposive sampling, yakni mendasarkan kreteria sebagai berikut, anak kelompok B usia 5-6 tahun yang diasuh atau tinggal bersama orangtua yang memiliki jengjang pendidikan Diploma (D2). Dan anak kelompok B 5-6 tahun yang diasuh oleh seorang Ibu yang memiliki jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, kecerdasan intrapersonal anak yang diasuh oleh ibu yang memiliki jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), yang lebih mampu mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak.} }