@thesis{thesis, author={Rozaq Miftahur}, title ={ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM PELAJARAN PENJAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN DARING DI SDN BUNGURASIH WARU SIDOARJO}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1347/}, abstract={Miftahur Rozaq. 2021. Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Dalam Pelajaran Penjas Dengan Metode Pembelajaran Daring Di SDN Bungurasih Waru Sidoarjo Skripsi, Progam Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing I : Dr. Muhammad Muhyi, M. Pd Pebimbing II : Yandika Fefrian Rosmi, S. Pd., M. Or Kata Kunci : Covid-19, Pengaruh Motivasi, Pembelajaran Daring. Penyebaran pandemi Virus Corona atau COVID-19 telah menjadi pandemi global di seluruh dunia setelah diumumkan oleh World Health Organization atau biasa disebut dengan WHO. Pandemi ini telah menyebar hingga hampir di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia sendiri. Dampak yang ditimbulkan oleh Virus Corona ini sangat besar hingga berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari khususnya dalam dunia pendidikan yang ada di seluruh dunia termasuk di Indonesia, yang mengarah ditutupnya lembaga pendidikan seperti sekolah, universitas, perguruan tinggi, dan lembaga pendidikan yang lainnya. Menurut pemantauan UNICEF, 186 negara saat ini telah menerapkan penutupan berskala nasional dan 8 negara menerapkan penutupan lokal. Hal ini berdampak pada sekitar 98.5% populasi siswa di dunia, Menurut UNESCO (2020). Dalam mengantisipasi penyebaran virus ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan social distancing, pshycal distancing, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). motivasi merupakan suatu dorongan dari individu atau luar individu untuk melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan perubahan perilaku, baik berupa keterampilan atau pengetahuan yang bernilai positif. pembelajaran merupakan suatu hubungan antara pendidik dan peserta didik, agar dapat tercapai usaha untuk memperoleh suatu perubahan perilaku dalam diri peserta didik. Perubahan merupakan perilaku siswa yang mengacu pada kemampuan mengingat atau menguasai berbagai materi pembelajaran yang diajarkan oleh pendidik. Kegiatan pembelajaran tidakhanya dapat dilakukan dengan bertatap muka, namun terdapat banyak variasi dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan pembelajaran dari jaringan (Daring). Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mencakup semua informasi tentang hal yang mempengaruhi motivasi siswa penjas kelas VI C terhadap pembelajaran secara daring. Berdasakan penelitian yang telah dilakukan mengenai analisis motivasi belajar siswa kelas VI dalam pelajaran penjas dengan metode pembelajaran daring di SDN Bungurasih Waru Sidoarjo, dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Metode pembelajaran yang dilakukan dimasa pandemi Covid 19 adalah berupa pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring dengan memberikan materi dan tugas menggunakan media berupa aplikasi Whatsapp, Zoom, dan Classroom yang sesuai dengan anjuran dari pemerintah. (2) Faktor yang menghambat pada pelaksanaan pembelajaran daring dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana dari siswa, dimana siswa harus bergantian gadget dengan orang tua, selain itu pembelajaran daring juga cukup menghabiskan banyak kuota. Selain hal tersebut, guru juga tidak dapat memantau secara langsung kegiatan belajar siswa, sehingga cukup sulit memahami materi atau tugas yang diberikan oleh guru. (3) Faktor yang menguntungkan atau mendukung pada pelaksanaan pembelajaraan daring adalah dimana guru dapat mudah menyampaikan pembelajaran yang mudah, serta didukung oleh teknologi yang maju sehingga dapat memudahkan guru dan siswa dalam pembelajaran meskipun tidak harus berada disekolah. (4) Upaya agar siswa lebih semangat dan termotivasi dengan cara guru selalu membimbing siswa agar termotivasi dan semangat meskipun belajar dimasa pandemi Covid 19.} }