@thesis{thesis, author={Siti Agustinawardani 175500081}, title ={Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Logaritma Berdasarkan Tahapan Berpikir Kritis}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1353/}, abstract={Memecahkan masalah merupakan suatu proses menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya kedalam situasi baru yang belum dikenal. Kemampuan pemecahan masalah matematika sangat penting bagi siswa. Di dalam dunia pendidikan terutama pada materi matematika, masih banyak siswa yang kesulitan memecahkan permasalahan yang diberikan. Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika, dapat bersumber dari guru maupun siswa. Sedangkan untuk memecahkan sebuah masalah siswa juga harus berpikir secara kritis. Walker dan Finney (1999: 540) menyatakan berpikir kritis adalah suatu proses intelektual dalam pembuatan konsep, mengaplikasikan, menganalisis, mensintesis, atau mengevaluasi sebagai informasi yang didapat dari hasil observasi, pengalaman, refleksi, di mana hasil proses ini digunakan sebagai dasar saat mengambil tindakan. Selanjutnya berusaha menemukan alternatif lain dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan sebuah masalah matematika yang diberikan dengan menggunakan indikator NCTM. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Dengan mencari 3 subjek dan membagi menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Uji keabsahan data menggunakan tringualiasi teknik. Hasil dari peneitian ini bahwa masih kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan maalah pada setiap soal yang diberikan. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Tahapan Berpikir Krtitis, NCTM} }