@thesis{thesis, author={Audina Cindy Anggita}, title ={PENGARUH PERMAINAN BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK AGRIPINA SURABAYA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/136/}, abstract={Audina, Cindy Anggita. 2019. Pengaruh Permainan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B TK Agripina Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. A. Fachrurrazi. M.Pd Kata Kunci: Permainan Boneka Tangan, Kemampuan Bahasa Media boneka tangan adalah boneka tangan yang dijadikan media atau alat bantu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran jenis boneka yang digunakan adalah boneka tangan yang terbuat dari potongan kain. Media boneka tangan menjadi salah satu media yang dapat menaik perhatian anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan boneka tangan terhadap kemampuan bahasa anak Kelompk B TK Agripina Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif dengan menggunakan rancangan One Grup pretest-postest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 20 anak Kelompok B TK Agripina Surabaya. Data dikumpulkan dari hasil observasi tes kinerja, dengan instrument lembar observasi kinerja. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung diperoleh nilai 25,00 lebih besar dari t tabel 1.72913 pada taraf signifikansi 0,05 atau 2.53948 pada signifikansi 0,01, maka Hipotesis Nol ditolak sehingga Hipotesis Kerja diterima. Hal ini terbukti Hipotesis Kerja terbukti sangat signifikansi. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ?Permainan boneka tangan berpengaruh sangat signifikansi terhadap kemampuan bahasa peserta didik Kelompok B TK Agripina Surabaya?} }