@thesis{thesis, author={Dini Kartika Mawarni 175500044}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1367/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Sampel penelitian ini adalah kelas kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunkan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunkan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian post-test berupa empat butir soal uraian untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Untuk teknik analisis data menggunakan uji prasyarat data dan uji hipotesis (uji t). Dari analisis data, diperoleh nilai thitung dan ttabel didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,390578 > 1,99444 maka H0 ditolak, atau H1 diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran konvensional. Dengan kata lain model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Kata Kunci : model pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar matematika.} }