@thesis{thesis, author={Fauziah Fifi Ainun}, title ={ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1388/}, abstract={Fauziah, Fifi Ainun. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Polya.. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Erna Puji Astutik, S.Si., M.Pd., M.Sc. Kata Kunci: analisis kesalahan siswa, soal cerita, persamaan kuadrat. Kesalahan merupakan suatu penyimpangan yang sering dilakukan oleh siswa dalam memecahkan suatu masalah. Guru perlu mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan supaya dapat menghindari kesalahan dilakukan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi persamaan kuadrat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek pada penelitian ini yaitu 3 siswa berdasarkan skor terendah pada tes matematika. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara dengan jumlah soal pada tes adalah 3 butir soal cerita. Teknik Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu triangulasi waktu. Hasil penelitian yang diperoleh adalah jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi: 1) kesalahan dalam memahami masalah, 2) kesalahan dalam membuat perencanaan, 3) kesalahan dalam melaksanakan perencanaan, dan 4) kesalahan dalam mengecek kembali. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan dalam melaksanakan perencanaan. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah siswa kesulitan dalam memahami maksud kalimat dalam soal, siswa kurang memahami operasi bilangan, dan siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal.} }