@thesis{thesis, author={Nanda Kurnia Herawati 175500010}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1390/}, abstract={Herawati Kurnia, Nanda. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa sma wachid hasyim 5 surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dr. Prayogo, M.Kom. Kata Kunci : model pembelajaran Discovery Learning, pemahaman konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada kelas X MIPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi-eksperimen ( pree eksperimental ). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 3 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan test dan selanjutnya di analisis dengan uji t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,0363 > 1,99444 maka H0 ditolak, dengan kata lain H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya} }