@thesis{thesis, author={Ririn Purwati 175500023}, title ={Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1398/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitaif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Adapun instrument dan perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, Soal Tes Hasil Belajar, Angket Respon Siswa, dan Lembar Aktivitas Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Aktivitas siswa dari 36 siswa Kelas X TBS 2 selama 2 pertemuan sebesar 86,1 % sehingga dapat dikategorikan aktif, 2) Respon siswa dari 36 siswa kelas X TBS 2 pada angket memiliki respon 83,3 % sehingga respon siswa di Kelas X TBS 2 pada penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh dapat dikatakan memiliki Respon Positif, 3) Ketuntasan hasil belajar siswa dari 36 siswa Kelas X TBS 2 terdapat 35 siswa mendapat skor ? 75 dan 1 siswa mendapat skor < 75 sehingga dapat dihitung tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 97,2 %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemen Division (STAD) dengan Sistem Jarak Jauh yaitu Aktivitas siswa dikategorikan Aktif, Respon siswa Positif, dan Hasil Belajar siswa dikatakan Tuntas. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement (STAD) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh dapat dikatakan Efektif. Kata Kunci : Efektifitas, Kooperatif, Student Team Achievement Division (STAD), Jarak Jauh} }