@thesis{thesis, author={Ratna Wahyu Dwi}, title ={PENGARUH PENEMPATAN WAKTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 SUKODONO TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1414/}, abstract={Kata Kunci : hasil belajar matematika, waktu pembelajaran Perbedaan waktu belajar (sebelum dan sesudah istirahat) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa karena waktu belajar merupakan salah satu faktor eksternal dalam belajar. Hal tersebut yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini yang memunculkan rumusan masalah yaitu ?Apakah ada pengaruh penempatan waktu pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 2 Sukodono tahun ajaran 2018/2019?? dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan waktu pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 2 Sukodono tahun ajaran 2018/2019. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode ex-postfacto dengan jenisnya causal comparative research. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sukodono dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling tipe purposive sampling yang memperoleh dua kelas yaitu kelas VIII-B dan VIII-C. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan uji-t dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 2,87052 dan nilai ttabel sebesar 1,99601 dengan taraf signifikan 0,05. Jika dibandingkan, thitung =2,87052 > ttabel =1,99601. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penempatan waktu pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 2 Sukodono Tahun ajaran 2018/2019.} }