@thesis{thesis, author={Aisa Wulandari Nur}, title ={KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA BERDASARKAN KECERDASAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 12 SURABAYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1418/}, abstract={Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan kreatif- matematis, tahapan polya, aljabar. Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas siswa. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dapat dilihat berdasarkan tingkat kecerdasan tingkat kecerdasan kreatif ? matematis yang dimiliki. Kemampuan pemecahan masalah memiliki hubungan positif dengan kecerdasan kreatif ? matematis. Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan kreatif-matematis tinggi maka mampu dalam menyelesaikan masalah. Selanjutnya, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan kecerdasan kreatif-matematis, dapat dilakukan dengan menggunakan tahapan Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai kemampuan pemecahan masalah aljabar siswa menggunakan tahapan Polya berdasarkan tingkat kecerdasan kreatif-matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah tes ( tes kecerdasan logis-matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah aljabar) dan wawancara.Hasil penelitian menunujukkan bahwa (1)siswa yang memiliki tingkat kecerdasan kreatif-matematis tinggi melakukan seluruh tahapan Polya pada saat menyelesaikan permasalahan, (2) siswa yang memiliki tingkat keerdasan kreatif-matematis sedang hanya melakukan beberapa tahapan polya secara tepat, yaitu melakukan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil penyelesaian, (3) siswa yang memiliki tingkat kecerdasan kreatif-matematis rendah} }