@thesis{thesis, author={Mauludiana Sherly Nur Fajri}, title ={PENGARUH MELUKIS DENGAN BERBAGAI ALAT DAN BAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANTI PUTRA SURABAYA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/142/}, abstract={Mauludiana, Sherly Nur Fajri. 2019. Pengaruh Melukis Dengan Berbagai Alat Dan Bahan Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A di Tk Panti Putra Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Made Ayu Anggreni,S.Pd.,M.Pd Kata Kunci : Melukis dengan berbagai alat dan bahan, motorik halus anak Pada umumnya kondisi yang terjadi di Indonesia khususnya di Surabaya, rendahnya perkembangan anak usia dini akibat kurangnya stimulasi yang diberikan pada anak karena orang tua yang sibuk bekerja, sebaliknya biasanya orang tua yang mempunyai banyak waktu luang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan anaknya. Selain itu, adanya perkembangan kemajuan teknologi seperti gadget. Fenomena saat ini, orang tua lebih senang anaknya bermain gadget dengan menonton video atau pun bermain games agar anak terdiam dan tidak banyak tingkah, padahal jelas hal ini sangat besar dampak buruknya. Jika terlalu sering bermain gadget anak menjadi malas bergerak, karena yang bergerak hanya satu jari yaitu ibu jari saja. Padahal agar perkembangan motorik halus anak berkembang anak harus menggerakkan seluruh jarinya dan bukan hanya ibu jari, dengan gadget pula anak menjadi kurang bersosialisasi dengan orang lain, waktu belajar anak juga kurang akibatnya perkembangan anak pun kurang terasah. Meningkatkan kemampuan anak harus ada keterlibatan orang tua. Permasalahan yang terjadi pada melukis dengan berbagai alat dan bahan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ketika proses pembelajaran dengan aspek pengembangan melukis dengan berbagai alat dan bahan, Guru kurang mengajak anak-anak untuk melatih motorik halus anak. Guru kurang memperkenalkan motorik halus seperti mengerti dan mampu memegang alat lukis dengan benar, membuat berbagai bentuk melalui kegiatan melukis dengan berbagai alat dan bahan, meniru membuat garis vertikal, horizontal, garis miring kanan atau kiri, dan lingkaran dengan menggunakan alat dan bahan. Metode penelitian dengan desain non random sampling. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi yang dianalisis dengan menggunakan uji-t. desain penelitian menggunakan one group pretest. Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian yang telah diketahui dalam Bab I yang diperkuat dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung = 41,46. Lebih besar dari pada hitung 0,05 = 1,74 dengan taraf signifikansi 0,01 Dan 2,57 Pada taraf signifikansi 0,01 = 2,57 dengan N = 18 yang berarti hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis kerja (H1) yang menyatakan ?pengaruh melukis dengan berbagai alat dan bahan terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Panti Putra Surabaya? diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh melukis dengan berbagai alat dan bahan terhadap kemampuan motorik halus anak.} }